Langsung ke konten utama

20 tahun dilema kehidupan

Dikala memasuki usia 20 tahun, bukanlah sesuatu hal yang biasa biasa saja, problema & pertanyaan-pertanyaan selalu melintas didalam pikiran/sering terjadi, mulai dari apa yang dapat saya lakukan, apa yang seharusnya diperbaiki, apa yang seharusnya dapat menguntungkan bukan kerugian yang kita harapkan nah dan kenapa bisa terjadi seperti itu, ini menandakan bahwa akal pikiran kita mulai dapat merefleksikan mulai menilai segala sesuatu yang terjadi dilingkungan sekitar entah dari lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat bahkan alam pun juga menjadi perhatian. 

Keadaan seperti ini harus kita renungi, cobalah untuk mencari jawaban itu semua bukan malah mengabaikan begitu saja, saya teringat ketika Charles Robert Darwin seorang naturalis dan ahli geologi Inggris paling dikenal untuk kontribusinya kepada teori evolusi pernah mengatakan 'Survival of the fittest' survival ini bukan yang paling kuat bukan yang paling pintar namun yang mampu beradaptasi, tentu sikap ini perlu kita realisasikan didalam kehidupan, bahwa semakin kemajuan perkembangan jaman yang dibutuhkan bukan orang pemalas namun orang-orang yang mempunyai semangat tekad yang bergejolak untuk mengikis kebodohanyya dan mampu beradaptasi dengan situasi dan kondisi apapun, tentu hal ini menjadikan dorongan kita untuk menempuh hidup didunia agar manusia lebih exsistensi dimuka bumi.

Diusia 20 tahun ini saya rasa menjadi fase penentu, ini sudah menjadi tugas untuk memperbaiki apa yang sudah kita lalui selama 20 tahun, silahkan kalian merayakan ulang tahun silahkan mengingat tanggal kelahiranmu namun apakah cukup itu saja. Perlu kita flashback menari nari dipikiran kita, apakah harus dievaluasi tentang proses kita/bahkan berdiam diri menunggu keterpurukan menimpa, segala sesuatu itu berawal dari kita, sudah seyogyanya perlu telisik kembali bahwa perbuatan positif yang dilakukan ini akan mempengaruhi diri kita kelak, dampak yang akan ditimbulkan pun menjadikan bermanfaat bagi kita bahwasanya hukum kausalitas memang berlaku ada sebab pasti ada akibat. 

Cobalah untuk mengaktifkan pikiran kita yang sudah lama tidak dikekang untuk berfikir kritis bahwa tuhan memberikan keistimewaan manusia yakni berupa akal pikiran tentu berbeda dari mahluk yang lainya, hargailah tuhan pencipta alam semesta yang sudah memberikan keistimewaan dan ketika kalian mampu mengoptimalkan mampu berusaha maka hasil yang diharpkan pun sesuai ekspektasi.

Jangan hanya terpaku pada zona nyamanmu, mulailah bergerak, mulailah mengoptimalkan pikiran tentu ini sudah menjadi tanggung jawab sebagai manusia dibumi entah memberikan gagasan/memberikan sari tauladan disekitarmu, bisa kita lihat diusia 20 tahun ini masih menginjak difase dimana kamu masih dalam situasi keadaan yang dimana keinginan yang selalu berubah ubah, arah pikiran tak menentu & arah tujuan pun belum bisa kita lihat, ya walapun keadaan selalu tumpang tindih mau tidak mau siap tidak siap itu harus kita lalui bukan malah kita hindari, perlu saya tekankan jangan sampai kesempatan yang kamu miliki tidak engkau manfaatkan sebaik mungkin, lagi pula pepatah mengatakan jangan salahkan waktu yang terus berlalu tetapi salahkan dirimu yang tidak mau melakukan sesuatu.

Maka disaat kamu menginjak umur 20 Mulailah berjanji pada diri sendiri tentang kedewasaanmu, mulailah untuk meningkatkan kwalitas dirimu agar hidup sesuai berjalan dengan norma & tidak lepas dari koridor esensi dari manusia.
#tetap berkarya
#stay at home

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terima Kasih Perannya Pengurus KTBR 2022

Ucapan terima kasih kepada diri sendiri dan segenap elemen yang telah menguatkannya pada tulisan ini saya mencoba menceritakan hal yang lekat dengan kehidupan pada tahun 2022. Bagaimana peranya ? Dan apa yang dilakukan pemuda dilingkup masyarakat? Jawabannya mungkin akan sangat beragam dan holistik, karena di tiap-tiap waktu dan tempat sudut yang berbeda maka ada pemahaman yang berbeda pula mengenai peran dan tangungjawab yang dilakukanya. Setahun silam ini perjalanan dan proses yang kemudian kita lalui ada beberapa hal yang dapat dijadikan pembelajaran, apalagi makna dari setiap kegiatan pasti ada hal yang kiranya bisa dipetik. Hidup berdampingan dengan segerombolan pemuda dimasyarakat memang sangat asik, unik dan heranya ada sedikit konyolnya, namun jauh dari itu kisah dari momentum ini bisa menjadi cerita dimasa kelak. Bagi saya ini adalah suatu takdir yang kemudian bisa dipertangungjawabkan terhadap seorang pemuda yang berperan dimasyarakat, memang pada hakikatnya seora

Degradasi Pengetahuan Memang Begitu Menyakitkan

Tidak bisa dipungkir fase kehidupan memang tidak bisa diremehkan, bagi saya fase kehidupan kerap menentukan siapa yang kuat dia yang menang dan siapa yang menyerah dia akan menjadi pecundang, namun saat ini fase yang paling menyakitkan adalah dimana ilmu pengetahuan terasa tidak terasa tersimpan dalam otak, pengalaman yang didapatkan tak dapat teringat lagi, bacaan buku sulit membenak dalam pikiran dan rintangan kehidupan masa lalu tak dapat di maknai lagi sebagai best teacher. Menginjak diusia dewasa bukanlah persoalan yang gampang bukanlah persoalan yang spele untuk dihadapi ya sebenarnya banyak cara untuk menghadapinya namun kalau kita tidak pandai pandai dalam menempatkan posisi, ya wajar saja hidupmu akan merasa kacau merasa kurang bermakna merasa hidup ngak berguna lagi apalagi kalau sirkel pertemananmu orangnya kritis dan berwawasan ya mungkin akan tersisihkan sii. Masalah memang selalu datang satu persatu tanpa permisi, permasalahan datang sebenarnya bukan untuk men

Sosialisasi Konservasi Menuju Dusun Tematik

Dusun margosari laksanakan sosialisasi terbuka terkait konservasi menuju dusun tematik dengan menghadiri seluruh masyarakat adanya Tim sosialisasi ini menghadiri mahasiswa pecinta alam (mapala) USM, dan Dinas lingkungan hidup (DLH). (Selasa 22 Desember 2020) Sosialisasi terbuka ini dilakukan di Madrasah Karetan Dusun Margosari dengan adanya sosialisasi ini memberikan edukasi pemaham terhadap masyarakat. Dengan adanya sosialisasi masyarakat agar mengetahui apa yang dimaksud konservasi tersebut ditambah ada beberapa tanaman yang akan dikenalkan nantinya. Dalam satu kesempatan anggota mapala menyampaikan beberapa pemahaman terkait pentingnya dan manfaatnya konservasi ini, ditambah dari anggota Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memyampaikan tentang beberapa tanaman konservasi. Seiring pemahaman disampaikan kepada masyarakat ada masyarakat yang mengajukan sanggahan dari kondisi saat jalanya sosialisasi saat itu : "Sebelumnya mohon maff kita disini masyarakat orang awan ketika me